Halaman

Safriyadin (Syd)

Selasa, 24 Oktober 2023

Series Spirit 10 - Berbagi di SDN Wolowaru 3

 

SERIES SPIRIT 10

BERBAGI INOVASI PEMANFAATAN TIK DALAM PEMBELAJARAN DI SDN WOLOWARU 3

Halo, Bapak/Ibu Guru Hebat,

Saya Safriyadin, Sahabat Teknologi Nusa Tenggara Timur - Tahun 2023.


Bagaimana kabarnya hari ini?

Semoga kita semua dalam keadaan sehat wal'afiat.


Pasti sahabat semua ingin tahu kegiatan apa saja yang Saya lakukan melalui di Artikel ini.

Sebelumnya, Saya ucapkan terima kasih kepada Bapak/Ibu yang selalu mendukung kegiatan berbagi dan berkolaborasi, antara lain Bapak/Ibu Duta Teknologi, Bapak/Ibu di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Ende, serta Bapak/Ibu Guru hebat semuanya. 


Mari kita simak kegiatan kesepuluh kami tentang berbagi praktik baik dalam Series Spirit 10



Pada kegiatan berbagi dan berkolaborasi PembaTIK Level 4 Series Spirit 10, Saya awali dengan berkunjung dan berbagi di Sekolah Dasar Negeri Wolowaru 3 (SDN Wolowaru 3), Kelurahan Bokasape, Kecamatan Wolowaru, Kabupaten Ende.


Rangkaian kegiatan berbagi di hari Kamis, 19 Oktober 2023 yang ketiga adalah berkunjung di SDN Wolowaru 3, setelah melakukan kegiatan berbagi di SDI Wolowaru 5 dan SDI Wolooja 1. Sebelum berkunjung ke SDN Wolowaru 3, Saya terlebih dahulu menghubungi Ibu Plt. Kepala SDN Wolowaru 3, yaitu Ibu Kristina Yuliana Yanti Tea, S.Pd., via whatsapp sehari sebelumnya. Setelah menghubungi Ibu Plt. Kepala Sekolah, lalu diizinkan untuk berbagi di SDN Wolowaru 3.


Saat tiba di SDN Wolowaru 3, Saya disambut dengan sangat baik oleh Ibu Plt. kepala sekolah dan juga para guru di ruang kepala sekolah, lalu langsung menuju ruang yang telah disediakan untuk menyampaikan tujuan kedatangan Saya dan memberikan surat rekomendasi dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Ende. Selanjutnya, kegiatan dilaksanakan di salah satu ruangan SDN Wolowaru 3. Mereka juga telah menyiapkan perlengkapan ruangan untuk kegiatan berbagi lengkap dengan LCD yang sudah terpasang. Ada 9 guru yang mengikuti kegiatan ini. Sebanyak 2 guru lainnya izin, karena ada kegiatan lain. Tidak ada kendala selama melaksanakan kegiatan berbagi ini. Saya merasa senang dan mengapresiasi terhadap sambutan dan persiapan mereka. Hal ini merupakan salah satu bentuk dukungan penuh bagi Saya sebagai Sahabat Teknologi.



Saat kegiatan berbagi Series Spirit 10 ini, sebelum menyampaikan terkait materi, Saya memperkenalkan diri terlebih dahulu dan memperkenalkan kegiatan PembaTIK ini kepada semua yang hadir. Saya menyampaikan materi terkait Inovasi TIK dan Kearifan Lokal (Permainan Tradisional) dalam Pembelajaran Kurikulum Merdeka. Selain itu, inovasi TIK yang dilakukan ini guna memanfaatkan Chromebook sekolah bantuan pemerintah yang jarang digunakan, memanfaatkan akun belajar.id murid yang sangat jarang digunakan. Inovasi ini menerapkan salah satu aplikasi XAMPP yang membantu guru dan murid mengakses berbagai macam sumber belajar, seperti buku elektronik, buku audio/podcast dari SIBI (Sistem Perbukuan Indonesia), video pembelajaran dari PMM, dan juga Quizizz yang dapat diakses oleh murid, walaupun tanpa jaringan internet dengan cara localhost. Inovasi ini perlu dikembangkan mengingat letak geografis dan topografis di sebagian besar wilayah Kabupaten Ende, akses internet tidak stabil bahkan tanpa jaringan sama sekali.


Walaupun dengan kemajuan teknologi, Saya juga tetap mengangkat budaya dan kearifan lokal murid seperti permainan tradisional sesuai karakteristik murid sekolah dasar. Selain itu, dalam pembelajaran kurikulum merdeka, dalam mengelompokkan murid sesuai profil gaya belajarnya, tidak lupa nama kelompok diberi nama sesuai dengan budaya/kearifan lokal, seperti nama tarian atau pahlawan daerah.

Sehingga, seiring dengan perkembangan teknologi, kita tetap tidak melupakan nilai-nilai kearifan lokal untuk tetap dilestarikan oleh murid, sebagai generasi penerus bangsa menuju Indonesia Emas.


Ibu Plt. Kepala Sekolah dan semua guru sangat senang karena mendapat inspirasi praktik baik yang Saya bagikan. Saya juga memaparkan secara rinci dan memberikan umpan balik tentang penggunaan Canva for Education  dengan akun belajar.id guru. Tidak lupa Saya membagikan link profil pribadi yaitu https://lynk.id/safriyadin, di dalamnya ada channel YouTube Saya yang berisi series video pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar (PMM) secara lengkap disertai tutorialnya dan sudah ditonton oleh ribuan guru yang tersebar di setiap daerah di seluruh Indonesia.


Di akhir kegiatan berbagi, Ibu Plt. Kepala Sekolah dan para guru mengisi daftar hadir yang telah disediakan dan juga berfoto bersama untuk dokumentasi kegiatan. Terima kasih atas partisipasi dan dukungan penuh dari kepala sekolah dan para guru SDN Wolowaru 3. Marilah kita terus bersemangat dan terus berinovasi untuk menghadirkan pembelajaran yang terbaik untuk murid.


Poin Series Spirit 10:

Mari terus mencoba sesuatu yang baru dan tidak terjebak hanya di zona nyaman.



Berikut ini adalah Video Series Spirit 10:


Link Daftar Hadir Series Spirit 10:



#PusdatinKemendikbudristek

#BLPTKemendikbudristek

#MerdekaBelajar

#PembaTIK2023

#SahabatTeknologiKemendikbudristek

#PlatformMerdekaMengajar



0 comments:

Posting Komentar