Halaman

Safriyadin (Syd)

Minggu, 30 April 2023

Pemanfaatan PMM di Komunitas KKG Ndori

 


          Sabtu, 11/02/2023. Bertepatan dengan satu tahun peluncuran Platform Merdeka Mengajar (PMM), Komunitas  Kelompok Kerja Guru (KKG) Kecamatan Ndori mengadakan kegiatan rutin komunitas di SD Inpres Iliwodo 1. Salah satu agenda utama kegiatan komunitas yaitu melakukan pengembangan diri dengan memanfaatkan PMM dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Kegiatan komunitas tersebut dihadiri oleh semua kepala sekolah, pengurus komunitas, guru penggerak, dan semua guru kelas dan mata pelajaran di Kecamatan Ndori yang tersebar dalam dua gugus.
       Kegiatan diawali dengan mengupdate kembali PMM ke versi terbaru yaitu versi 1.26.0. Dilanjutkan dengan mengikuti pelatihan bersama Kurikulum Merdeka pada menu Pelatihan Mandiri serta melakukan unggah hasil karya praktik baik setiap guru dalam Bukti Karya di PMM.


    Antusiasme guru dalam mengikuti kegiatan tersebut sangat tinggi, hal ini bisa dilihat dari banyaknya peserta yang mengikuti atau bergabung pada komunitas PMM yaitu KKG Ndori - Kabupaten Ende. Kegiatan ini dipandu oleh ketua KKG masing-masing gugus. Diharapkan setiap guru mengikuti semua Pelatihan Mandiri di PMM dengan menyimak video dan materi pelatihan di setiap modul pelatihan, lalu menulis catatan reflektif di setiap modul pelatihan dan mengerjakan post test. Setelah mengikuti pelatihan dalam modul PMM, guru dapat melakukan praktik pemahaman terhadap topik yang telah dipelajari dengan melakukan Aksi Nyata yang akhirnya mendapat sertifikat untuk setiap topik pelatihannya.


      Ada beragam topik Pelatihan Mandiri yang dapat diikuti oleh guru, seperti Merdeka Belajar, Kurikulum Merdeka, Perencanaan Pembelajaran SD/Paket A, Asesmen SD/Paket A, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), dan lain sebagainya. Selain itu, setiap guru juga dapat mengunggah Praktik Baik dalam PMM melalui menu Bukti Karya. Praktik Baik Bukti Karya guru tersebut antara lain seperti Bahan Ajar, Praktik Baik Pembelajaran, RPP/Modul Ajar, dan karya lain diharapkan dapat dibagikan ke anggota komunitas lainnya, maupun guru pada komunitas lain melalui berbagai media sosial seperti WhatsApp, Facebook, Instagram, TikTok, dan lainnya agar menjadi inspirasi dalam melakukan pembelajaran yang menarik sesuai tuntutan era digital di dunia pendidikan.


     Melalui kegiatan komunitas KKG ini, Ketua K3S dalam arahannya mengharapkan kekompakkan dan kerja sama guru dalam komunitas maupun subkomunitas untuk menyatukan visi dan semangat yang sama untuk memajukan dunia pendidikan. Selain melakukan penerapan PMM dalam pembelajaran, kegiatan komunitas ini dilanjutkan dengan penyusunan kisi-kisi soal Penilaian Tengah Semester (PTS) 2 dan Asesmen Sumatif Tengah Semester (STS) 2. Kegiatan rutin komunitas KKG ini terus berlanjut dengan agenda menarik lainnya yang telah disusun bersama masing-masing sub dalam komunitas.


Editor: Safriyadin, S.Pd., Gr.

0 comments:

Posting Komentar